Sunday, March 8, 2009

Games of the year

Ok guys, udah saatnya dirilis daftar game3 terbaik di tahun 2008. Ada enam konsol game yang diperhitungkan, yaitu Nintendo DS, PlayStation3, Xbox 360, PSP, PlayStation2, dan Wii. Semua game yang terpilih, dinilai berdasar sistem permainan, teknologi audio-visual (dibandingkan potensi konsol gamenya), inovasi, dan tingkat adiksinya. Nah, coba deh kalian lihat. game favorit kalian masuk nominasi apa nggak

Game of the Year 2008: Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriot (PlayStation3)

Serial utama Metal Gear Solid selalu setingkat di atas semua game terbaik. Ini sudah terbukti sejak seri pertama memulai debutnya di konsol PSone pada tahun 1998. Metal Gear Solid 4 kali ini bukan saja menampilkan performa sinematis yang mengeksploitasi teknologi audio-visual mesin PlayStation3. Tapi juga menyuguhkan sistem permainan yang menantang sekaligus fleksibel, dilengkapi cerita yang bisa dibilang terbaik dalam sejarah video game.

Runner Up: Dairantou Smash Brothers X (Wii) dan Senjou no Valkyria (PlayStation3)

Sejak tahun lalu, Dairantou Smash Brothers X (Amerika: Smash Bros Brawl) sudah dijagokan sebagai salah satu game terbaik. Game tersebut tertunda perilisannya hingga awal tahun 2008, lalu tampil sesuai yang diharapkan. Para penggemar game kembali menikmati pertarungan kartunal yang kompetitif dan adiktif, dengan menampilkan karakter-karakter familiar, termasuk bintang tamu Solid Snake.

Sementara itu, kejutan datang dari game Senjou no Valkyria. Tanpa menyandang nama besar, game ini tampil sebagai jembatan antara video game dan anime. Teknologi grafisnya yang unik, dipadukan dengan sistem permainan yang menggabungkan tiga genre sekaligus (RPG, action, dan strategi) serta cerita yang sangat memikat, merebut hati para penggemar game dan anime sekaligus.

Game Terbaik Nintendo DS :

1. Gensou Suikoden Tierkries

2. Akumajou Dracula: Ubawareta Kokuin

3. Sigma Harmonics

4. Chrono Trigger

5. Ninja Gaiden DS

Nintendo DS tetap tak tergeser posisinya sebagai mesin game terpopuler. Hal yang paling sulit adalah menyortir lima game terbaik dari begitu banyak game berkualitas tinggi yang dirilis untuk mesin portabel ini. Serial Akumajou Dracula (Amerika: Castlevania) merupakan langganan daftar ini. Tapi, kali ini harus mengalah dari Gensou Suikoden Tierkries, seri populer yang mulai unjuk gigi di Nintendo DS.

Di bawah keduanya ada Sigma Harmonics, RPG bernuansa semi-musikal yang unik dari Square Enix. Lalu ada versi pembuatan ulang Chrono Trigger yang legendaris. Dan performa grafis 3D mesin ini dipamerkan oleh Ninja Gaiden DS.

Game Terbaik PlayStation3 :

1. Metal Gear Solid 4

2. Senjou no Valkyria

3. Grand Theft Auto IV

4. LittleBigPlanet

5. Makaisenki Disgaea 3

Setelah media Blu-Ray dinyatakan menang atas HD DVD, mesin PlayStation3 sebagai pengusung utamanya langsung tancap gas. Ditambah lagi dengan makin terjangkaunya HDTV. Maka, kontras dengan kondisi mesin ini dalam tahun 2007 yang low-profile, dalam tahun 2008 dua game mesin ini langsung menyodok sebagai Game of the Year beserta salah satu runner-up-nya.

Disusul Grand Theft Auto IV sebagai game "serba-boleh" dari belahan dunia Barat. Ada juga game superkreatif LittleBigPlanet. Dan tak ketinggalan Makaisenki Disgaea 3, yang menunjukkan bahwa eksploitasi mesin game canggih tidak hanya bisa dilakukan terhadap teknologi audio-visualnya.

Game Terbaik Xbox 360 :

1. The Last Remnant

2. Fallout 3

3. Soul Calibur IV

4. Tales of Vesperia

5. Gundam Musou 2

Mesin Xbox 360 terbukti bukan hanya sekadar lebih sukses daripada mesin pendahulunya. Berkat makin banyaknya dukungan game Jepang, mesin ini bahkan mampu jadi saingan berat bagi Wii dan PlayStation3. Lewat The Last Remnant, misalnya, Square Enix menegaskan bahwa Xbox 360 memang layak jadi inang RPG orisinil papan atas.

Makin lengkap dengan hadirnya Soul Calibur IV dengan performa audio-visual yang tak kalah dari PlayStation3. Lalu, Tales of Vesperia yang bagaikan anime interaktif. Kemudian, Gundam Musou 3 menghibur para penggemar mecha dengan pertempuran yang seru. Sedangkan dari belahan dunia Barat tempat lahirnya mesin ini, hadir Fallout 3 yang fenomenal.

Game Terbaik PSP :

1. Dissidia: Final Fantasy

2. Winning Eleven: Ubiquitous Edition 2008

3. Monster Hunter Portable 2nd G

4. Patapon 2: Don-Chaka

5. God of War: Chains of Olympus

Mesin PSP semakin memperkecil ketertinggalannya dengan Nintendo DS. Andalannya, tentu saja, performa audio-visualnya yang tercanggih dalam sejarah mesin portabel. Berkat potensi tersebut, Square Enix bisa menyuguhkan game fighting heboh macam Dissidia: Final Fantasy, yang mungkin suatu saat nanti mampu menyaingi serial Dairantou Smash Brothers.

Seri Winning Eleven terbaru kembali tampil prima dalam mesin ini. Begitu juga dengan seri gres Monster Hunter yang menawarkan sensasi permainan online yang seru. Atau sekuel Patapon yang dilengkapi inovasi menarik. Juga versi portabel dari game action God of War yang berjaya di belahan dunia Barat.

Game Terbaik PlayStation2 :

1. Super Robot Taisen Z

2. Persona 4

3. Mana-Khemia 2

4. Poison Pink

5. Dragon Ball Z: Infinite World

Kejutan lain datang dari sebuah mesin uzur yang ternyata masih digdaya. Selama tahun 2008, PlayStation2 ternyata masih memiliki deretan game eksklusif yang tidak bisa dianggap remeh. Seri baru Super Robot Taisen, tentu saja, merupakan suguhan yang tidak akan kehabisan daya tarik.

Atlus banyak membantu mesin ini dengan menghadirkan Persona 4, yang sanggup bersaing dengan RPG di mesin-mesin generasi baru. Begitu juga RPG musikal Mana-Khemia 2 yang masih menonjol keindahannya. Lalu, ada suguhan Poison Pink (Amerika: Eternal Poison) bagi fans strategi, dan Dragon Ball Z: Infinite World untuk fans anime tersebut.

Game Terbaik Wii :

1. Dairantou Smash Brothers X

2. 428: Fuusasareta Shibuya de

3. Mario Kart Wii

4. Tales of Symphonia: Ratatosk no Kishi

5. Rune Factory Frontier

Kejutan terakhir, dan agak kurang menggembirakan, adalah memudarnya pamor mesin Wii dalam tahun 2008. Sebenarnya, mesin ini mengawali tahun dengan suguhan papan atas macam Dairantou Smash Brothers X dan Mario Kart Wii (lengkap dengan controller inovatifnya). Tapi, selama berbulan-bulan berikutnya, jumlah game "layak coba" untuk mesin ini menurun drastis.

Wii sangat terbantu oleh game adventure unik 428: Fuusasareta Shibuya de, yang kualitasnya bahkan mengejutkan para kritikus game kelas dunia. Sedangkan game Tales of Symphonia: Ratatosk no Kishi dan Rune Factory Frontier hanya merupakan terbaik di antara yang berkualitas sekadar di atas rata-rata.

Deretan Game Terbaik Masa Lalu :

Berikut ini daftar pemenang terdahulu beserta runner-up-nya. Dari sini, kita bisa menengok ke belakang untuk merenungkan bagaimana dunia video game telah berkembang selama ini.

Game of the Year 2000: Final Fantasy IX (PSone)

Runner-Up: Shen Mue Episode 1 (Dreamcast)

Game of the Year 2001: Metal Gear Solid 2 - Sons of Liberty (PlayStation2)

Runner-Up: Final Fantasy X (PlayStation2) dan Dairantou Smash Brothers DX (GameCube)

Game of the Year 2002: Final Fantasy XI (PlayStation2)

Runner-Up: Kingdom Hearts (PlayStation2) dan Bio Hazard � (GameCube)

Game of the Year 2003: Anubis - Zone of the Enders (PlayStation2)

Runner-Up: Final Fantasy Crystal Chronicle (GameCube) dan Makaisenki Disgaea (PlayStation2)

Game of the Year 2004: Metal Gear Solid 3 - Snake Eater (PlayStation2)

Runner-Up: Dragon Quest VIII (PlayStation2)

Game of the Year 2005: Kingdom Hearts II (PlayStation2)

Runner-Up: Bio Hazard 4 (GameCube)

Game of the Year 2006: Blue Dragon (Xbox 360)

Runner-Up: New Super Mario Bros (DS) dan Valkyrie Profile Silmeria (PlayStation2)

Game of the Year 2007: Super Mario Galaxy (Wii)

Runner-Up: Halo 3 (Xbox 360) dan Odin Sphere (PlayStation2)

(Source: JawaPos)

1 comments:

♥ Neng Aia ♥ said...

ow, tetap the sims yang paling okeh bwat aQiu.. :))

Post a Comment

Please, give you're opinion!