Sunday, March 1, 2009

Orang Utan Juga Butuh Kasih Sayang

Orangutan sering dipelihara oleh dalam kondisi buruk dan tidak sejahtera. Orangutan seringkali dirantai, ditempatkan dalam kandang-kandang sempit, bahkan sampai ada yang kekurangan nutrisi, sakit, dan stres.

Centre for Orangutan Protection (COP), telah mendesak pemerintah untuk segera menangani pelanggaran atas kejahatan orangutan. Kasus kekejaman dan kejahatan terhadap satwa yang terancam punah ini, masih sering terjadi karena belum ada tindakan tegas dari pihak-pihak yang berwenang.

“Layaknya manusia, orangutan juga membutuhkan kasih sayang. Manusia seringkali masih memburu, memelihara, bahkan memperdagangkannya. Padahal, untuk menyayanginya cukup dengan membiarkan orangutan hidup bebas di alam liar, bukannya memeliharanya di kandang,” kata Seto Hari Wibowo, Juru Kampanye Orangutan COP, dalam keterangan pers.

Menurut dia, orangutan yang berada di luar habitat alaminya harus hidup di tempat yang terbatas dan kebutuhannya tercukupi. Orangutan seringkali kekurangan makanan, tempat bermain, teman, sifat sosial dan fasilitas, jadi sudah menjadi keharusan untuk melengkapi kandang mereka dengan kebutuhan yang cukup. Kebun binatang yang modern sudah meninggalkan sistem kandang untuk diganti dengan sistem terbuka dengan kelengkapan didalamnya.

Di sisi lain, keberadaan orangutan di habitat aslinya terancam karena pembabatan hutan dalam skala besar. COP menilai kondisi ini dapat memicu kasus-kasus perburuan, pemeliharaan, hingga perdagangan. “Perusahaan-perusahaan perusak hutan tidak pernah memikirkan dampak yang dihasilkan dari usahanya membuka lahan. Orangutan dan satwa liar penghuni hutan yang selalu menjadi korbannya,” ujar Seto.

Setidaknya, kata dia, saat ini terdapat 641 orangutan yang masuk ke pusat rehabilitasi Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng dan 224 orangutan BOS Samboja Lestari di Kalimantan Tengah. Sebagian besar orangutan yang dibawa ke Pusat Rehabilitasi ditemukan di perkebunan kelapa sawit. Diperkirakan 1700 s/d 8600 ekor orangutan telah terbunuh di perkebunan kelapa sawit.

Sumber : www.cybernews.com dan www.vet-klinik.com

0 comments:

Post a Comment

Please, give you're opinion!