Wednesday, February 18, 2009

Bumi Baru

Kalau kalian belakangan ini mengkhawatirkan tentang nasib anak cucu kalian kelak, yang terancam kehabisan tempat tinggal karena bumi tempat kita tinggal ini makin sempit saja, jangan khawatir.

Dalam empat tahun ke depan, sudah akan ditemukan planet lain yang memiliki kemiripan dengan bumi sehingga bisa ditempati. Ya kawan, dalam tiga atau empat tahun ke depan, bakal ada konferensi pers di markas NASA (Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat), dan mereka akan memberi tahu kita betapa seringnya muncul planet yang memiliki kemiripan dengan bumi.

"Begitu sadar akan hal itu, kita pasti juga akan tahu langkah selanjutnya untuk menemukan planet yang paling memungkinkan untuk ditempati" ujar Alan Boss, astronom dari Carnegie Institution for Science di Washington, sebagaimana dilansir The Independent kemarin (16/2).

Selama ini, lanjut Boss, sudah ada sekitar 300 planet yang telah ditemukan, tapi tidak ada yang cocok untuk dijadikan sebagai habitat manusia. Itu disebabkan atmosfer planet-planet tersebut didominasi gas panas atau es yang sudah membeku.

"Saya pikir kita tak bisa mengelak dari pemikiran bahwa ada planet lain yang mirip dengan bumi di luar sana. Saya menduga, tiap bintang yang kita pandangi di malam hari memiliki planet yang mirip dengan bumi di sekitarnya. Kita toh sudah tahu bahwa mayoritas bintang memiliki planet," jelas Boss saat berbicara di American Association for the Advancement of Science di Chicago.

Para ilmuwan selama ini memang percaya bahwa sepertiga dari bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti memiliki planet yang lebih besar beberapa kali daripada bumi. Menurut Boss, untuk planet yang ukurannya seperti bumi, jumlahnya mungkin bisa lebih banyak lagi.

Nah, sekarang kalian nggak perlu khawatir lagi kan. Tuhan emang maha adil, Dia tau kita semua bingung akan masa depan bumi kita yang makin tua dan makin sempit ini. Dan karenanya, Dia telah menyiapkan cadangannya untuk anak cucu kita kelak.

1 comments:

sandy said...

sutuju ma paragraf yang terakhir..

Post a Comment

Please, give you're opinion!