Sunday, February 15, 2009

Tips Latihan Drum

Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan oleh kamu yang baru mulai belajar drum. Buat yang udah jago, nggak ada ruginya juga baca tips berikut untuk ingat-ingat dasar bermain drum yang siapa tahu udah terlupakan

Yang pertama tentu saja adalah postur. Selalu duduk dengan punggung yang tegak saat bermain drum. Jangan pernah bungkuk. Ini sebenarnya kaitannya dengan kesehatan kamu. Jangan sampai karena bermain drum, punggungmu jadi bungkuk permanen. Duduk lah dengan tegak. It makes you look better, sound better, and feel better.

Gak percaya? Cobalah berlatih di depan cermin. Kamu akan bsia melihat penampilanmu akan lebih bagus jika duduk tegak. Selain itu, dengan berlatih di depan cermin kamu juga bisa melihat permainanmu secara keseluruhan. Kamu bisa melihat apakah pegangan stickmu sudah bagus atau belum.

Setelah yakin kamu udah tampil oke, mulailah melatih stroke. Cobalah buat stroke pada snare drum yang menimbulkan suara yang sama dengan menggunakan kedua tangan. Cobalah memegang stick dengan posisi V-shape, 17-30 cm tepat di atas tengah-tengah snare. Stick harus turun memukul snare dari posisi setinggi ini dan dengan satu gerakan, setelah mengetuk snare, stick langsung kembali ke posisi awal.

Untuk mendukung latihan drummu, gunakanlah metronome untuk dapat berlatih menjaga tempo. Anggaplah motronome ini sebagai bandmu. Metronome bisa membantu kamu menjaga beat dengan rapih, tapi ingat bahwa ini adalah alat bantu. Sukses atau tidaknya tergantung dirimu sendiri.

Setelah itu cobalah gunakan lagu untuk mengaplikasikan apa yang telah kamu pelajari. Cobalah sesuaikan ketukan drummu sesuai suara drum dalam lagu tersebut. Kemungkinan ada beberapa bagian yang terlalu sulit. Jangan pernah melompatinya. Jika ada bagian lagu yang tidak bisa kamu ikuti, coba ulang-ulang terus sampai bisa. Setelah bisa menyamainya, baru lanjut ke bagian lagu yang berikutnya. (Sumber : http://www.lalightsindiefest.com/ )

0 comments:

Post a Comment

Please, give you're opinion!