Saturday, February 28, 2009

Cegah Kepikunan

Buat kalian yang merasa masih muda tapi udah pada pikun, ada beberapa cara untuk mencegahnya, write this.

Sediakan Kalender :

Nggak salahnya memilih kalender kuno berbentuk lembaran kertas (asal jangan kalender jaman romawi), sehingga kalian bisa menuliskan catatan apa saja yang akan dilakukan. Atau, beri tanda kalender dengan spidol aneka warna, untuk mencuri perhatian saat kalian melihat kalender. Mengingat-ingat jadwal dan tanggung jawab yang akan dilakukan, juga bisa memelihara daya ingat tetap optimal.

Buat Jadwal :

Berangan-angan sebelum tidur, merenung di pagi hari, atau menulis sesuatu di buku agenda sekadar untuk membuat rutinitas lebih teratur juga bisa dilakukan untuk memelihara daya ingat (dengan catatan, jangan mengkhayal yang ngeres2).

Catat Hal2 Penting :

Menempelkan catatan di pintu lemari es untuk mengingatkan siap saja sih yang harus dihubungi, menaruh catatan di monitor komputer untuk mengingat tugas apa yang harus diselesaikan, atau mungkin juga kalian bisa menaruh catatan di pintu kamar mandi mungkin, jadi tiap masuk kamar mandi jadi inget, juga baik dilakukan untuk memelihara daya ingat.

Hindari Stres :

Sesekali ambilah nafas dalam untuk meredakan stres (jangan lupa bernafas lagi lo). Atau pikirkan satu persatu persoalan yang harus segera dibereskan, daripada dilakukan bersamaan. Memilih prioritas, juga baik untuk meringankan efek stres yang dapat menimbulkan demensia (wew, namanya susah).

Senam Otak :

Senam otak atau nama kerennya Brain Gym, dapat meningkatkankan oksigenisasi dan efek visuospasial (katanya). Senam dengan menggerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri, menundukkan kepala ke depan lalu memutarnya ke kanan dan kiri, atau tangan kiri menyentuh pusar lalu dua jari tangan kanan memijat tulang tengah tepat di dua lekukan tulang selangka, dan seterusnya dapat meningkatkan aktivitas otak dan memperbaiki daya ingat.

Mengisi Teka Teki Silang :

Mungkin ini yang palian sering kalian lakukan, mengisi TTS yang mengharuskan kalian mengingat dan mengolah ingatan juga dapat memperbaiki daya ingat dan kemampuan konsentrasi.

Mengingat Nomor Telepon :

Ingatlah dan hafalkan selalu nomor-nomor telepon penting maupun teman

Nah, jadi kalo kalian yang ngerasa pikun udah mempraktekkan tips2 diatas, dijamin kalian bakal tambah piukun, eh sembuh.

0 comments:

Post a Comment

Please, give you're opinion!