Saturday, February 21, 2009

Tips nyaman dan tetap sehat didepan komputer

Bagi kalian yang sepanjang hari melakukan pekerjaan didepan komputer, Ada berbagai cara yang dapat kalian lakukan untuk membuat diri kita tetap nyaman selama melakukan pekerjaan didepan komputer, sekaligus untuk menjaga kesehatan. Berikut beberapa tips untuk posisi duduk dan cara menggunakan komputer yang berguna untuk mengurangi rasa tak nyaman dan kemungkinan mengalami kepenatan ataupun cidera selama bekerja.


Mata:

Posisikan bagian atas monitor sejajar atau di bawah tingkat mata kalian. Jangan memposisikannya lebih tinggi hingga kalian harus menyandarkan bagian belakang kepala. Posisikan monitormu dengan jarak 20 - 40 inci dari wajah. Gunakan huruf dengan font besar jika kalian tak dapat membacanya dari monitor pada jarak ini. Pencahayaan yang redup juga dapat membantu kalian menghindari silau, yang dapat menyebabkan ketegangan di mata dan serangan sakit kepala. Jika kalian tak dapat menghindari silau, gunakan kaca penahan silau untuk mengurangi pantulan ke mata kalian dari monitor.

Punggung:


Duduklah dengan posisi kepala tegak. Jangan menyandarkan atau memiringkan kepala kalian. Jika posisi meja atau monitor membuat kalian tidak bisa duduk dengan tegak, coba ubah posisi tersebut. Posisikan lutut kalian lurus dengan pinggul atau sedikit lebih rendah. Posisikan telapak kaki kalian dalam posisi menjejak tanah. Posisi telapak kaki menjejak tanah ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan di bagian punggung. Gunakan kursi ergonomic atau backrest. Kursi yang nyaman akan membantu memperbaiki posisi duduk. Kursi backrest akan membantu membuat kalian duduk dengan posisi benar.

Pergelangan Tangan & Lengan:

Mouse dan keyboard ergonomic berperan penting di sini. Memang, untuk ukuran harga terbilang agak mahal, tapi demi kenyamanan harga tak jadi soal bukan? Saat memilih mouse, ingat senyaman apapun penggunaannya, yang terpenting adalah mengubah-ubah posisinya secara berkala saat kalian bekerja sepanjang hari. Gerakan yang sama dan dalam waktu lama beresiko membuat ketegangan dan cidera. Lepaskanlah sesekali, pegangan yang nyaman pada mouse dan ambil rehat untuk peregangan. Saat menggerakkan mouse lebih baik gunakan siku, bukannya dengan keseluruhan lengan.

Dan tips terbaiknya adalah, ingat untuk berdiri dari kursi kalian, berjalan-jalan sesaat lakukan peregangan tubuh kalian sepanjang hari kerja itu. Ini akan membuat sirkulasi darah lancar dan melepaskan ketegangan di bagian-bagian tubuh yang mungkin Ini akan membuat sirkulasi darah lancar dan melepaskan ketegangan di bagian-bagian tubuh yang mungkin tanpa kalian sadari mengalami ketegangan.

Jika kalian benar-benar memperhatikan posisi tubuh terbaik selama bekerja, belilah peralatan kerja yang ergonomic. Sistem ini dapat membuat seluruh tubuh kalian nyaman selama bekerja. Selain itu,letakkan posisi kursi, monitor, keyboard, dan mouse dalam posisi zero stress untuk tubuh kalian. (Sumber: KapanLagi.Com)

0 comments:

Post a Comment

Please, give you're opinion!